Rabu, 29 September 2010

UNIT 2. KONSEP PROMOSI KESEHATAN

7 LANGKAH (SEVEN JUMP)

  1. Klarifikasi Terminologi yang kurang dimengerti


    1. Dana DBCHT
    2. Konsep Promkes
    3. Strategi Promosi Kesehatan

Dari 3 terminologi yang kurang dimengerti diatas, pendapat dari anggota kelompok… (Boleh tidak urut)

  1. Dana DBCHT (Dana Bagi Cukai Tembakau)

    ………… L O

  2. Konsep Promkes
  • Adalah sebuah proses dimana kita sbg fasilitaor / petugas kesehatan berupaya untuk memampukan masyarakat, agar mereka merubah perilakunya
  • Proses memampukan masyarakat (enabling)
  • Advokasi
  • Upaya memberikan pengetahuan dan pemberdayaan
  1. Strategi Promosi Kesehatan

    Advokasi, bina suasana dan pemberdayaan

    Piagam Ottawa :

  • Kebijakan berwawasan kesehatan
  • Lingkungan yang mendukung
  • Kk
  • Kk

L O gambar otawa charter dipahami

Baca juga hasil konggres Promkes / konggres IAKMI

  1. Mendefinisikan Masalah
    1. Definisi Promosi Kesehatan
    2. Definisi tahapan merokok
    3. Tahapan promosi kesehatan
    4. Visi misi Promkes
    5. Apa saja strategi promkes
    6. Ruang lingkup Promkes
    7. Definisi DBCHT
    8. Sasaran Promkes
    9. Benar tidak untuk mengatasi degenerative hanya rokok
    10. Kalau ingin mengambil issue rokok, data apa saja yang diperlukan
  • Jumlah perokok
  • Data penyakit yang berhubungan dengan rokok (durasi, frekuensi, prosentase, aspek ekonomi)
  • Pada level kebijakan, siapa?
  1. Siapa saja yang akan kita ajak kemitraan untuk kasus rokok


  1. Curah pendapat kemungkinan Hipotesis / Mendiskusikan Masalah
    1. Definisi Promosi Kesehatan

      Dicari dari buku nya

    2. Definisi kebiasaan merokok

      Kategori merokok (regular, eksperimen)

    3. Tahapan program promosi kesehatan
  • Analisis masalah (Didnan enklar harus dibaca)

  1. Visi misi Promkes

    Visi

    1. Mencegah timbulnya penyakit dalam masalah - masalah kesehatan lain,
    2. Menanggulangi penyakit dan masalah - masalah kesehatan lain, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan
    3. Memanfaatkan pelayanan kesehatan, serta
    4. Mengembangkan dan menyelenggarakan upaya kesehatan bersumber masyarakat


    Misi, Untuk mewujudakan Visi tersebut, maka Misi Nasional Promosi kesehatan adalah :

    1. Memberdayakan individu, keluarga, dan kelompok - kelompok dalam masyarakat, baik melalui pendekatan individu dan keluarga, maupun melalui pengorganisasian dan penggerakkan masyarakat.
    2. Membina suasana atau lingkungan yang kondusif bagi terciptanya perilaku hidup bersih dan sehat masyarakat.
    3. Mengadvokasi para pengambil keputusan dan penentu kebijakan serta pihak - pihak lain yang berkepentingan (stakeholders) dalam rangka :


  • Mendorong diberlakukannya kebijakan dan peraturan perundang - undangan yang berwawasan kesehatan
  • Mengintegrasikan promosi kesehatan, khususnya pemberdayaan masyarakat, dalam program - program kesehatan.
  • Meningkatkan kemitraan sinergis antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta antara pemerintah dengan masayarakat (termasuk LSM) dan dunia usaha.
  • Meningkatkan investasi dalam bidang promosi kesehatan pada khususnya dan bidang kesehatan pada umumnya.

Advokasi :

Membuat peraturan larangan merokok

Menjembatani toma dengan pemerintah


  1. Apa saja strategi promkes
  2. Ruang lingkup Promkes
  • Kegiatan penyuluhan kesehatan
  • Penyebarluasan informasi
  • Pengembangan media


Dalam Ruang Lingkup

  • Dimensi yankes (promotif,preventif, kuratif dan rehabilitative)
  • Dimensi berdasar setting yang bergerak dari tatanan PHBS (RT, sekolah dsb)


  1. Definisi DBCHT (Dana bagi hasil cukai hasil tembakau)
  • Pajak yang dibebankan oleh perusahaan rokok, yang dibebankan oleh biaya rokok. Perusahaan rokok membayar cukai ke pemerintah, krn cukai rendah maka rokok murah, dana dipakai untuk menanggulangi masalah yang diakibatkan oleh tembakau.
  • Jumlahnya berapa?
  • Daerah mana yang dapat? Hanya pada propinsi penghasil tembakau
  • DBCHT kerja sama dengan dinas
  • Penggunaan untuk apa?
  • Biaya yang untuk menanggulangi penyakit yang diakibatkan oleh rokok.


  1. Sasaran Promkes
  • Primer
  • Sekunder
  • tertier
  1. Benar tidak untuk mengatasi degenerative hanya rokok
  2. Kalau ingin mengambil issue rokok, data apa saja yang diperlukan
  3. Jumlah perokok
  4. Data penyakit yang berhubungan dengan rokok (durasi, frekuensi, prosentase, aspek ekonomi)
  5. Pada level kebijakan, siapa? Siapa saja yang akan kita ajak kemitraan untuk kasus rokok


  1. Mind Maping

    From Blog


  2. Mendefinisikan Tujuan Belajar / L O
    1. DBCHT
      1. Definisi
      2. Hasil
      3. Penggunaan untuk apa saja
      4. Regulasi yang terkait
    2. Definisi Promosi Kesehatan
    3. Strategi Promkes (Dibahas dengan contoh-contoh diakaitkan dengan rokok)
    4. Ruang lingkup promkes
    5. Tahapan promkes
    6. Ottawa charter dan gambarnya
    7. Perspektif gender karena terkait erat dengan issue rokok


  3. Mencari Sumber dan Belajar Mandiri
  4. Melaporkan/ berbagi hasil pencarian informasi


NB : Buat teman-teman, kalau L O nya kurang lengkap tolong diingatkan, Terima kasih…

0 komentar:

Posting Komentar